KTQS # 1480
SHALAT SUNNAT TANPA TAHIYAT AWAL
Shalat sunnat yg dilakukan lebih dari dua raka’at, Rasulullah saw melakukannya secara bersambung dan tidak duduk tahiyyat di awal, tapi di akhir raka’at saja, untuk membedakan antara shalat wajib dan sunnat.
Ada beberapa hadits yg menyatakan kaifiyat shalat sunnat tsb,
Rasulullah saw bersabda: “Janganlah berwitir dgn tiga rakaat menyerupai shalat Maghrib, namun berwitirlah dengan lima raka’at, tujuh, sembilan atau sebelas raka’at.” (HR. al-Hakim)
Nabi saw tidak melarang witir tiga raka’at hanya jgn menyerupai shalat Maghrib dengan dua kali tasyahud. (Lihat Fathul Baari Syarah dari Shahih Al-Bukhari, oleh Ibnu Hajar II :481 dan juga Nailul Authar oleh Asy-Syaukani II : 214)
Sebagaimana juga dikisahkan oleh Ubai bin Ka’ab, ia berkata:
“Rasulullah saw membaca dari shalat witirnya surat al-A’la dan pada raka’at kedua membaca surat al-Kafirun, dan rakaat ketiga membaca Qul Huwallahu Ahad. Beliau tidak salam, kecuali di akhirnya”. (HR an-Nasa’i, dan Sunan an-Nasa’i, 1/372)
Hal ini juga terjadi saat shalat malam di bulan Ramadhan (tarawih) atau shalat malam diluar bulan Ramadhan dgn komposisi empat-empat-tiga raka’at.
Riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Aisyah ra dgn teks asli nya menyatakan,
مَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاَثاً [رواه البخاري ومسلم].
Artinya kaifiyat shalat malam Nabi saw di bulan Ramadhan atau diluar bulan Ramadhan, empat-empat-tiga raka’at dgn sekali salam, tanpa tahiyat awal.
Kaifiyat itu diperoleh dari lafadz يُصَلِّي أَرْبَعًا . Lafadz itu mengandung makna bersambung (الوصل) secara dzahir (ظاهر); yakni menyambung empat raka’at dgn sekali salam.
Demikian sunnah dari kaifiyat shalat sunnat yg lebih dari dua raka’at.
Salam !