KTQS # 1591 8 PINTU SURGA TERBUKA, UNTUK SIAPA?

KTQS # 1591

8 PINTU SURGA TERBUKA, UNTUK SIAPA?

Dari Umar bin Khaththab ra, Rasulullah saw bersabda, “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan, ‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’. (Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah), kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu langit yang bisa dia masuki dari pintu mana saja”. (HR. Muslim no. 234; Abu Dawud no. 169; At-Tirmidzi no. 55; An-Nasa’i 1/95 dan Ibnu Majah no. 470)

Doa lain dari Abu Sa’id Al-Khudhri ra, Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu kemudian setelah berwudhu mengucapkan doa, ‘Subhaanaka allahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika’. (Maha suci Engkau ya Allah, segala puji untuk-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu), maka akan ditulis di lembaran berwarna putih kemudian di-stempel dan tidak akan hancur sampai hari kiamat”. (HR. An-Nasa’i dalam ‘Amal Yaum wal Lailah no. 30)

Tambahan Do’a Yang Benar

“Allahummaj ‘alni minat tawwabiina waj’alnii minal mutathohhiriin. (Ya Allah jadikanlah aku termasuk hamba-hambaMu yang rajin bertaubat dan menyucikan diri)”. (HR. Tirmidzi, Shahihul Jami’ hadits no. 6046)

Tambahan Do’a Yang Tidak Benar

“Waj’alni min ‘ibaadika ash-shalihin minalladziina laa khoufun ‘alaihim walaa hum yahzanuun. (Jadikanlah aku termasuk hamba-Mu yang shalih, (yaitu) hamba-hamba-Mu yang tidak ada rasa takut dalam diri mereka dan tidak pula bersedih hati)”.

“Doa ini bukan dari Nabi saw, sehingga tidak boleh diamalkan”. Demikian Syaikh Abu Usamah Salim bin ‘Ied Al-Hilali menjelaskannya dalam kitab, ‘Silsilah Al-Ahaadits Allati Laa Ashla Laha’”. (Bahjatun Nadziriin Syarh Riyadhus Shalihin, 2/250)

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *