KTQS #1081 WAJIBKAH POTONG KUKU & MENCUKUR BAGI PEQURBAN?

KTQS #1081

WAJIBKAH POTONG KUKU & MENCUKUR BAGI PEQURBAN?

ada sebuah hadits mengatakan : “Apabila telah masuk sepuluh pertama Dzulhijah, dan kalian ingin menyembelih qurban maka janganlah dia memotong rambut dan kukunya sedikitpun.” (HR. Muslim no. 1977)

Apakah larangan tsb adalah larangan haram dan berdampak kepada sah atau tidaknya qurban?

Tidak ada hubungan antara larangan memotong kuku atau rambut dgn keabsahan qurban. Artinya, sekalipun ada orang yg memotong rambut dan kukunya, dilakukan dgn sengaja maka qurban yg dia lakukan tetap sah.

Syekh Abdullah Al-Jibrin : “Janganlah seseorang meninggalkan rencana qurban karena dia telah memotong rambut atau kukunya, meskipun dilakukan dgn sengaja.” (Majlis Al-Alukah)

Dalam kitab Rahmatul Ummah fi Ikhtilaf al-A`immah (Beirut : Darul Fikr, 1996) karya Qadhi Shafad hal. 74 disebutkan pendapat imam yg empat dalam masalah ini sebagai berikut :

“Jika memasuki sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, maka barangsiapa yg bermaksud untuk menyembelih kurban, disunnahkan baginya menurut Imam Malik dan Syafi’i untuk tidak mencukur rambut dan memotong kukunya hingga dia selesai menyembelih kurban. Jika dia mengerjakan perbuatan itu, hukumnya makruh. Imam Abu Hanifah berkata mubah, tidak dimakruhkan dan tidak pula disunnahkan. Imam Ahmad mengharamkan perbuatan tersebut.”

Terdapat hadits lain yg menjadi qarinah (indikasi) bahwa larangan pada hadits Ummu Salamah di adalah bukan larangan haram. Imam ash-Shan’ani dalam Subulus Salam Juz IV hal. 96 mengenai masalah ini berkata,”Telah terdapat qarinah bahwa larangan itu bukanlah pengharaman.” (qad qaamat al-qarinah ‘ala anna an-nahya laysa lit tahrim).

Kesimpulannya, memotong kuku dan mencukur rambut bagi shohibul qurban di 10 hari awal dzulhijah adalah boleh dilakukan, boleh tidak dan tidak berdampak sah atau tidaknya berqurban, Sehingga, tidak akan mengurangi keutamaan dan pahala dari kurban yg ia lakukan.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *