KTQS # 1965 ADAKAH PENCIPTA SELAIN ALLAH YANG DAPAT MEMBERIKAN RIZKI KEPADAMU

KTQS # 1965

ADAKAH PENCIPTA SELAIN ALLAH YANG DAPAT MEMBERIKAN RIZKI KEPADAMU

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

يَأَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللَّهِ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ لا إِلَهَ إِلا هُوَ فَأَنَّىتُؤْفَكُونَ

“Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling?”. (QS. Faathir : 3)

Tafsir Ath-Thabariy 19/329 menjelaskan :

“Tidak ada sesembahan yang layak baginya untuk diibadahi kecuali Dzat yang menciptakan langit dan bumi, Maha Kuasa atas segala sesuatu, yang di tangan-Nya lah kunci pembuka segala sesuatu dan perbendaharaannya, dan sekaligus kunci penutupnya. Maka janganlah kalian menyembah – wahai sekalian manusia – sesuatupun selain-Nya, karena tidak ada yang mampu memberikan manfaat maupun mudlarat kepada kalian selain-Nya. Maka ikhlashkanlah ibadah untuk-Nya, dan esakanlah peribadahan/uluuhiyyah hanya bagi-Nya…”

Lalu kenapa kita sulit beribadah kepada-Nya dengan Enggan Bersedekah, Pelit mengeluarkan Zakat dan Berhitung-hitung jika harta dikeluarkan, sedangkan Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak pernah berhitung memberikan Nikmatnya kepada kita?

Jika Allah berhitung akan nikmat-Nya, Tetiba Allah hentikan, sanggupkah kita hidup tanpa nikmat-Nya? Yakin sanggup?

Wahai manusia renungkanlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *