KTQS # 860 Sebab-sebab terlarangnya sholat di 3 waktu.

KTQS # 860

Sebab-sebab terlarangnya sholat di 3 waktu.

Nabi saw telah menjelaskan alasan mengapa kita dilarang melaksanakan sholat pada waktu tersebut dengan sabda beliau kepada ‘Amr bin ‘Abasah ra,

“Sholat subuhlah kemudian tahanlah (janganlah sholat lagi) ketika matahari terbit hingga meninggi karena sesungguhnya ketika itu matahari terbit diantara dua tanduk setan dan ketika itu orang-orang kafir bersujud.

Setelah itu sholatlah karena (waktu) sholat telah tiba hingga panjang bayangan sesuatu kurang dari 1 tombak kemudian tahanlah (janganlah sholat lagi) karena ketika itu Api Jahannam dinyalakan. (Diwaktu tengah hari)

Jika letak bayangan telah berbalik (ke arah tenggelamnya) maka sholatlah karena waktu sholat telah tiba hingga ‘ashar. Kemudian tahanlah (janganlah sholat lagi) hingga matahari tenggelam karena pada saar itu matahari tengah tenggelam diantara dua tanduk setan dan orang-orang kafirpun bersujud”. (HR. Muslim no. 832)

Dijelaskan juga dalam hadits shahih, HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah :

1. Saat Terbit
Ketika terbit matahari dalam keadaan terang hingga meninggi

2. Saat ditengah
Waktu ketika orang berdiri tegak tidak memiliki bayangan hingga condongnya matahari ke arah barat

3. Saat tenggelam
Ketika matahari mengalami proses untuk tengegelam hingga hilangnya bulatan matahari di ufuk barat.

Berapa lamakah penundaan shalatnya?

Dalam ilmu falaq dikatakan bahwa, waktu ketika proses matahari terbit dan tenggelam, dan pada saat berada di tengah-tengah (pada titik kulminasi) hanya beberapa menit saja, 1 derajat = 4 menit.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *