KTQS # 539 TAHUN BARU MASEHI

Kajian Tematis al-Qur’an & as-Sunnah # 539

TAHUN BARU MASEHI

Sebentar lagi kita akan bertemu. dengan Tahun Baru Masehi, bagi umat Nasrani mereka akan merayakannya sekaligus merayakan Natal.

Sesuai sejarah, sebelum perekayasaan kalender, jaman Romawi pesta tahun baru adalah pesta yg di adakan untuk memperingati Dewa Janus.

Bagi kita umat Islam adalah dgn membiarkan mereka merayakannya sesuai tata cara ibadahnya dan kita tidak ikut serta merayakannya, saya kira itu adalah bentuk toleransi yg positif dan sangat bijaksana.

Dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash ra, dia berkata, “Barangsiapa yg berdiam di negeri-negeri (yg asing yg tdk berlaku syariat Islam), lalu membuat tahun baru dan festival seperti mereka serta menyerupai mereka hingga dia mati dalam kondisi demikian, maka kelak dia akan dikumpulkan pada hari kiamat bersama mereka”. (Lihat ‘Aun Al-Ma’bud Syarh Sunan Abi Daud, Syarah hadits no. 3512)

Ya, kelak mereka akan dikumpulkan bersama, karena Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yg menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”. (HR Imam Ahmad)

Kita tidak di perbolehkan ikut merayakan hari besar yg tidak ada asalnya di dalam Islam, tidak boleh menghadiri, bergabung dan membantu terselenggaranya acara tersebut, walaupun hanya membeli terompet saja, termasuk memberikan ucapan Selamat Tahun Baru, karena hal itu sangatlah erat dgn keyakinan dan ibadah kaum nasrani, mereka melakukan ibadah Misa akhir tahun.

“Jauhilah orang-orang yg tidak tunduk kepada Allah di perayaan mereka”. (HR. Al Baihaqi, dengan sanad shahih)

Maka, sikap hamba-hamba Allah yang beriman terhadap perayaan orang-orang non muslim adalah tidak mengikutinya, bergembira dan berpesta bersama didalam perayaan agama lain.

Biarkan perayaan agama lain berlalu begitu saja dihadapan kita dan tetaplah berjalan lurus dgn penuh kemuliaan dan harga diri sebagai seorang Muslim sejati.

Be Good, be Wise and be a Real Moslem…

 

Salam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *