KTQS # 953 BERGAULLAH YANG BAIK dan DENGAN ORANG BAIK

KTQS # 953

BERGAULLAH YANG BAIK & DENGAN ORANG BAIK

 

Rasulullah SAW berkata: “Maukah aku tunjukkan pada kalian tentang sesuatu yg derajatnya lebih utama daripada sholat, puasa, sedekah?”. Para sahabat: ‘Mau, wahai Rasulullah!’. Beliau SAW: “Perbaiki pergaulan, karena rusaknya hubungan baik berarti mencukur, aku tidak mengatakan mencukur rambut, tapi mencukur AGAMA”.

(HR At-Tirmidzi)

Pengertian hadis disini: Sholat sunnah, puasa sunnah & sedekah merupakan amalan yg mendatangkan pahala besar, tetapi pahala yg besar ini bisa habis karena rusaknya hubungan pergaulan/persahabatan rusak.

Persahabatan yang rusak selalu disebabkan kezholiman & kesalahan salah satu pihak, kezholiman & kesalahan itu jika tidak ditobati maka di akhirat akan diperhitungkan.

Karena di akhirat tidak ada yg menolong kecuali amal, maka pertanggung jawabannya nanti adalah orang yg dizholimi berhak mengambil pahala-pahalanya orang yg menzholimi.

Jika pahalanya sudah habis sedang kezholiman masih tersisa maka Allah membolehkan pada orang yg dizholimi untuk menimpakan dosa2nya pada orang yang menzholimi.

Namun jika pergaulan/silaturahim itu menjadikan mereka masuk kedalam keburukan, maka wajib baginya untuk meninggalkan dan memutuskan pergaulan tsb.

“Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa & jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”. (QS 5:2)

FADHILAH/KEUTAMAAN SILATURAHIM (Menurut Al Faqih Abu Laits Samarqandi) :

1. Akan memperoleh ridho (sayang) Allah SWT.
2. Membuat org lain gembira. Rasulullah saw bersabda :”Amal yang paling utama adalah membuat seorang mukmin bergembira.”
3. Merupakan kesukaan malaikat, karena mereka senang bersilaturahim satu sama lain.
4. Membuat marah Iblis laknatullah.
5. Memanjangkan usia.
6. Menambah keberkahan rezeki.
7. Memupuk rasa kasih sayang.
8. Akan menambah pahala sesudah ia wafat, karena akan selalu di kenang dan didoakan semua kebaikan2nya semasa hidup.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *