KTQS # 191 TATACARA YANG BENAR MENYEMBELIH HEWAN QURBAN SESUAI SUNNAH

KTQS # 191

TATACARA YANG BENAR MENYEMBELIH HEWAN QURBAN SESUAI SUNNAH

Tata cara yang benar menyembelih hewan kurban sesuai sunnah Hendaklah dia membaringkan hewan kurban itu di atas lambungnya yang kiri bila dia menyembelih dengan tangan kanannya. Karena tujuan dari hal itu adalah ketenangan binatang tersebut.

Kemudian hendaklah dia meletakkan kakinya di atas leher hewan kurban ketika menyembelih dan memegang dengan tangan kirinya kepala si hewan sehingga tampak urat kerongkongannya.

Lalu dia menggorokkan pisau di atas urat kerongkongan, dua urat yang disebut “Wudjain”, dan satu urat yang disebut dengan “Mari`” dengan kuat, sehingga dia dapat menumpahkan darah.

Adapun kedua tangan dan kaki hewan kurban sebaiknya dibiarkan lepas dan tidak ditahan, sebab yang demikian itu lebih menyenangkannya dan lebih bagus dalam mengeluarkan darah dari jasadnya, karena darah akan keluar bersama gerakan, maka ini tentunya lebih utama.

Kemudian tatkala menyembelih, dia membaca:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، اَللَّهُمَّ هَذِهِ عَنِّي وَعَنْ أَهْلِ بَيْتِ

BISMILLAHI WALLAHU AKBAR, ALLAHUMMA HADZA MINKA WA LAKA…(Sebutkan nama pequrban atau) HADZIHI ‘ANNY WA ‘AN AHLI BAITI (apabila menyembelih hewan qurbannya sendiri) “Dengan nama Allah dan Allah maha besar. Ya Allah! (hewan) ini darimu dan untukmu …(Sebutkan nama pequrban atau) Ya Allah! ini adalah sembelihanku dan keluargaku (apabila menyembelih hewan qurbannya sendiri) ”

Atau mengucapkan sebelum menyembelih:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ

BISMILLAHI WALLAHU AKBAR

“Dengan nama Allah dan Allah maha besar.”

Semoga dengan mengerjakan ibadah qurban secara benar dan sesuai sunnah, ibadah qurban kita diterima oleh Allah sebagai amal shaleh dan sampailah kita pada derajat taqwa yg diharapkan dari ibadah qurban ini.

Salam !

DOA

 

Allaahummaghfir qaumii fa innahum laa ya’lamuun.

Ya Allah. ampunilah mereka (yang telah menghinaku/memfitnahku/membenciku/menyepelekanku), karena mereka tidak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *