KTQS # 593 KESULITAN BERSAMA KEMUDAHAN

KTQS # 593 (Tanya-jawab)

KESULITAN BERSAMA KEMUDAHAN

TANYA
Dikajian DOA-DOA SESUAI SUNNAH, apa yg dimaksud “setelah kesulitan itu akan ada kemudahan”, bisa dijelaskan ust? Tks

JAWAB
Sebetulnya kemudahan itu bukan muncul SETELAH kesulitan, tapi. kemudahan itu muncul BERSAMA kesulitan.

Hanya saja kita belum menemukan kemudahan itu, saat kesulitan muncul, padahal kemudahan itu sudah ada bersama kesulitan.

Ibnu Rajab Al Hambali berkata :

“Dan termasuk rahasia-rahasia menarik tentang bergandengnya kemudahan dgn kesulitan, adalah: jika kesulitan itu bertambah sulit, bertambah besar dan memuncak, maka terjadi pada diri seorang hamba keputus asaan utk mendapatkan jalan keluarnya dari para makhluk dan akhirnya bergantunglah hatinya kpd Allah semata, dan inilah hakikat tawakkal kpd Allah, dan tawakkal kepada-Nya adalah merupakan salah satu sebab terbesar didapatkannya segala hajat keperluan, karena sesungguhnya Allah akan mencukupkan siapa yg bertawakkal kpd-Nya sebagaimana Allah Swt berfirman:

{ وَمَنْيَتَوَكَّلْعَلَىاللهِفَهُوَحَسْبُهُ }‬‬

“Dan Barangsiapa yg bertawakkal kepada Allah, maka Allah-lah sebagai pencukupnya”. (Lihat kitab Jami’ Al ‘Ulum wa Al Hikam)

——————————–

TANYA
Maaf pak Ustadz, boleh saran yaa, apakah tdk sebaiknya utk Kajian2 ini dibukukan. Krn kami melihatnya apa yg dikaji oleh ustadz ini banyak sekali manfaatnya.

Tentunya bila dalam bentuk buku, memudahkan bagi kami utk membacanya kembali (sebagai panduan beribadah), isinya sangat bermanfaat. Sehingga banyak saudara2 kami juga yg tdk memiliki BB dapat ikut belajar..Tks pak ustadz

JAWAB
Awalnya sih tidak terpikir akan dibukukan, kajian ini dibuat ya mengalir. & menulis begitu saja.

Tp lama2 terpikir jg utk dibukukan, apalagi setelah saya mendapat kiriman printout seluruh kajian saya (600 kajian) dari bbrp orang member kajian yg sejak awal rajin mengumpulkannya, jzklh.

Insyaa Allah kajian akan dibukukan per-tema dalam beberapa seri/jilid, tunggu tanggal terbitnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *