All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1603 INGIN MASUK SURGA? JAGA SILATURAHIM DI HARI SENIN & KAMIS

KTQS # 1603

INGIN MASUK SURGA?
JAGA SILATURAHIM DI HARI SENIN & KAMIS

Secara umum menjaga silaturahim hukumnya wajib, dan memutuskannya/merusaknya merupakan suatu keharaman. Menjaga silaturahim itu berlaku mutlak, kapan pun dan dimana pun.

Allah swt berfirman : “Bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim”. (QS. an-Nisa’/4: 1)

Ibnu Abbas ra memberitakan bahwa Abu Sufyan pernah mengatakan kepada raja Heraklius tentang dakwah Nabi saw, dia berkata :

“Muhammad memerintahkan kami shalat, shadaqah, menjaga kehormatan dan silaturahim”. (HR. al-Bukhari)

Khusus hari Senin & Kamis dosa-dosa diampuni kecuali yang menyekutukan Allah (syirik) & memutuskan/merusak silaturahim. Untuk itu jangan sampai memutuskan/merusak silaturahim di hari Senin & Kamis.

Ini berdasarkan hadits nabi, dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda,

“Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai’ ”. (HR. Muslim)

Dengan demikian, mari besemangat di hari Senin & Kamis, tetapkan niat untuk beramal shaleh dgn sebaik-baiknya, seperti banyak bersedekah, membantu orang lain dalam kesusahan, syukur jika bisa diikuti dengan puasa sunnah, sehingga sempurnalah diri menerima keberkahan luar biasa di kedua hari tersebut. Jika tidak mampu berpuasa maka perbaiki amalan yang lain dan jangan ada permusuhan terhadap sesama.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *