All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1601 TIGA JENIS TAUHID (2)

2. Tauhid Uluhiyah

Artinya, mengesakan Allah swt dalam beberapa macam peribadatan yang telah disyariatkan olehNya. Seperti, shalat, puasa, zakat, haji, do’a, nadzar, sembelihan, berharap, cemas, takut, dan sebagainya yang termasuk jenis-jenis ibadah.

Mengesakan Allah dalam hal-hal tersebut dinamakan Tauhid Uluhiyah (tauhid ibadah), dan Tauhid jenis inilah yang dituntut oleh Allah dari hamba-hambaNya, yaitu mengesakan Allah dalam hal ibadah.

Jika mereka mengikrarkan Tauhid Rububiyah, maka hendaknya juga mengakui Tauhid Uluhiyah. Para Rasul diutus oleh Allah adalah untuk menyeru kepada Umat mereka agar meyakini Tauhid Uluhiyah meyakini dalam artian melaksanakan apa yang telah Allah perintahkan kepada hamba–hambaNya dalam bentuk peribadahan dan tidak beribadah untuk selainNya.

Allah berfirman : “Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut…”. (QS. An-Nahl: 36)

3. Tauhid Asma Was Sifat

Yaitu menetapkan nama-nama dan sifat-sifat untuk Allah swt sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Allah untuk diriNya maupun yang telah ditetapkan oleh Rasulullah saw tanpa mentakwil (ta’wil), memisalkan (tamtsil), menanyakan bagaimananya (takyif) dan meniadakan (ta’thil) dari nama dan sifat tsb.

Allah swt telah menyatakan bahwa Ia memiliki nama-nama yang husna (baca: sangat baik/indah) dan Ia memerintahkan kita untuk berdo’a dengan nama–namaNya, Allah telah berfirman : “Hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka berdoalah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam nama-namaNya nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan” (Al-A’raf : 180).

Tiga jenis Tauhid di atas, wajib diketahui oleh setiap muslim karena Tauhid adalah pondasi keimanan seseorang kepada Allah.Tanpa ketiga Tauhid diatas adalah kafir.

Kita ingin hidup & mati dengan “La ilaha illallah”

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *