All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1599 DUNIA UNTUK EMPAT ORANG

KTQS # 1599

DUNIA UNTUK EMPAT ORANG

Hadits dibawah ini menjadi renungan bahwa setiap orang akan mendapatkan yang ia niatkan walau ia tidak sampai beramal, asal kan sudah punya tekad yang kuat untuk beramal.

Dari Abu Kabsyah Al Anmariy, bahwa Nabi saw bersabda, “Dunia telah diberikan pada empat orang:

Orang pertama, diberikan rizki dan ilmu oleh Allah. Ia kemudian bertakwa dengan harta & ilmunya tadi kepada-Nya, menjalin hubungan dengan kerabatnya, dan ia pun tahu kewajiban yang ia mesti tunaikan pada Allah. Inilah sebaik-baik kedudukan.

Orang kedua, diberikan ilmu oleh Allah namun tidak diberi rizki berupa harta oleh Allah. Akan tetapi ia punya niat yang kuat (tekad) sembari berujar, ‘Seandainya aku memiliki harta, aku akan beramal seperti  si fulan.’ Orang ini akan mendapatkan yang ia niatkan. Pahalanya pun sama dengan orang yang pertama.

Orang ketiga, diberikan rizki oleh Allah berupa harta namun tidak diberikan ilmu. Ia akhirnya menyia-nyiakan hartanya tanpa dasar ilmu, ia pun tidak bertakwa dengan harta tadi pada Rabbnya dan ia juga tidak mengetahui kewajiban yang mesti ia lakukan pada Allah. Orang ini menempati sejelek-jelek kedudukan.

Orang keempat, tidak diberikan rizki oleh Allah berupa harta maupun ilmu. Dan ia pun berujar, ‘Seandainya aku memiliki harta, maka aku akan berfoya-foya dengannya.’ Orang ini akan mendapatkan yang ia niatkan. Dosanya pun sama dengan orang ketiga”. (HR. Tirmidzi no. 2325)

Dengan niat saja, bisa bernilai kebaikan. Namun harus dibarengi dengan tekad bukan angan-angan saja, tekad dalam kebaikan, pasti ada persiapan yang matang dan langkah nyata yang ingin ditempuh.

Sungguh Pemurah dan Pengasih nya Allah kepada ummatnya.

Masihkah kita bermalas-malasan dalam beribadah dan berhitung-hitung dalam bersedekah?

Tidak bermalukah kita kepada Allah?

Sungguh sombong nya manusia menyangka semua yang didapat adalah hasil usaha dan diakui pula sebagai miliknya !

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *