All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1592 HUKUM MELEWATI ORANG YANG SEDANG SHALAT

KTQS # 1592

HUKUM MELEWATI ORANG YANG SEDANG SHALAT

Lebih baik menunggu 40 tahun daripada melewati orang yang sedang shalat

Rasulullah saw memberikan ancaman yang sangat keras bagi orang yang lewat di depan orang yang shalat.

Berdasarkan hadits dari Abu Juhaim Al Anshari, bahwa Nabi saw bersabda:

“Andaikan seseorang yang lewat di depan orang yang shalat itu mengetahui dosanya perbuatan itu, niscaya diam berdiri selama 40 tahun itu lebih baik baginya dari pada lewat”. (HR. Bukhari 510, Muslim 507)

“Seandainya seseorang yang lewat di hadapan orang yang sholat mengetahui (dosa) apa yang ditimpakan kepadanya, pasti dia berdiri/ menunggu selama empat puluh (hari) akan lebih baik ketimbang dia lewat di hadapan orang yang sedang sholat”.

Abu al Nadlr (salah satu perawi hadits ini) berkata: “Aku tidak mengetahui, apakah Rasulullah mengatakan empat puluh hari, empat puluh bulan ataukah empat puluh tahun”. (HR. Bukhari dalam shahihnya (I/584) nomor 510 dan Muslim dalam shahihnya (I/363) nomor 507)

Maksud hadits tersebut ialah seandainya ia (orang yang akan lewat di depan orang yang sedang shalat) mengetahui dosa apa yang akan diterima, maka ia akan lebih memilih untuk berdiri selama 40 (hari/tahun) daripada harus menerima dosa tersebut.

Orang yang tidak mau dicegah saat akan melewati orang yang sedang shalat sesungguhnya dia adalah setan.

Nabi saw bersabda, “Jika salah seorang dari kalian shalat menghadap sesuatu yang ia jadikan sutrah terhadap orang lain, kemudian ada seseorang yang mencoba lewat di antara ia dengan sutrah, maka cegahlah. jika ia enggan dicegah maka perangilah ia, karena sesungguhnya ia adalah setan”. (HR. Bukhari 509)

“Jika seorang di antara kalian shalat, jangan biarkan seseorang lewat di depannya. Tahanlah ia sebisa mungkin. Jika ia enggan ditahan maka perangilah ia, karena sesungguhnya itu setan”. (HR. Muslim 505. 506)

Salam !

Bagaimana cara mencegah orang lewat saat kita sedang shalat? Tunggu KTQS selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *