All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1583 MENINGGALKAN SHALAT JUM’AT

KTQS # 1583

MENINGGALKAN SHALAT JUM’AT

HADITS-HADITS

Hadits pertama :
”Hendaknya orang yang suka meninggalkan Shalat jum’at itu menghentikan kebiasaan buruknya, atau Allah akan mengunci mati hatinya, kemudian dia menjadi orang ghafilin (orang lalai)”. (HR. Muslim)

Hadits kedua :
“Siapa yang meninggalkan shalat jum’at tiga kali berturut-turut tanpa udzur, Allah akan mengunci mati hatinya”. (HR. At-Thayalisi)

Hadits ketiga :
“Siapa yang mendengar adzan shalat jum’at tiga kali, kemudian dia tidak menghadirinya maka dicatat sebagai orang munafik”. (HR. Thabrani)

PENJELASAN HADITS

1. Yang dimaksud ‘Allah kunci hatinya’ adalah Allah menutup hatinya & menghalangi masuknya hidayah dan rahmat ke dalam hatinya. Kemudian digantikan dengan kebodohan, sifat beringas, & keras kepala. Sehingga hatinya seperti hati orang munafik. Demikian keterangan al-Munawi dalam Faidhul Qodir.

Ketika hati seseorang sudah dikunci mati, dia menjadi kebal hidayah. Seberapapun peringatan yg dia dengar, tidak akan memberikan manfaat & tidak akan menggerakkan hatinya. Seolah dia terhalang untuk bertaubat.

Demikian pula keadaan orang munafik. Karena batin mereka mengingkari kebenaran, Allah kunci mati hatinya, sehingga mereka menjadi bodoh dengan hidayah. (Lihat: QS. Al-Munafiqun: 3)

2. Semua perbuatan dosa & maksiat, akan menjadi sebab tertutupnya hati. Semakin besar dosa yg dilakukan seseorang, semakin besar pula penutup hatinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya seorang hamba, apabila melakukan perbuatan maksiat maka akan dititikkan dalam hatinya satu titik hitam. Jika dia meninggalkan maksiat itu, memohon ampun dan bertaubat, hatinya akan dibersihakn. Namun jika dia kembali maksiat, akan ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yg diistilahkan “ar-raan” yg Allah sebutkan dalam firman-Nya, (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak demikian, sebenarnya apa yg selalu mereka usahakan itu menutup hati mereka’”. (HR. Turmudzi)

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *