All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1574 ISTIGHFAR & RIZKI (1)

KTQS # 1574

ISTIGHFAR & RIZKI (1)

Dalil Bahwa Istighfar Dan Taubat Adalah Diantara Kunci-Kunci Rizki Yaitu Ayat Al-Qur’an.

Allah swt berfirman :
“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepadaNya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan, dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari Kiamat”. (QS. Hud/11 : 3)

Pada ayat yang mulia di atas, terdapat janji-janji dari Allah Yang Mahakuasa dan Maha Menentukan berupa kenikmatan yang baik kepada orang yang ber-istighfar dan bertaubat.

Dan maksud dari firmanNya.

‎يُمَتِّعْكُمْ مَتَاعًا حَسَنًا
“Niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu”.

Imam Al-Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan :”Inilah buah istighfar dan taubat. Yakni Allah akan memberikan kenikmatan kepada kalian dengan berbagai manfaat berupa kelapangan rizki dan kemakmuran hidup serta Ia tidak akan menyiksa kalian sebagaimana yang dilakukanNya terhadap orang-orang yang dibinasakan sebelum kalian”. (Tafsir Al-Qurthubi, 9/403. Lihat pula, Tafsir Ath-Thabari, 15/229-230, Tafsir Al-Baghawi. 4/373, Fathul Qadir, 2/695 dan Tafsir Al-Qasimi, 9/63)

Dan janji Tuhan Yang Mahamulia itu diutarakan dalam bentuk pemberian balasan sesuai dengan syaratnya.

Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi berkata :”Ayat yang mulia tersebut menunjukkan bahwa ber-istighfar dan bertaubat kepada Allah dari dosa-dosa adalah sebab sehingga Allah menganugrahkan kenikmatan yang baik kepada orang yang melakukannya sampai pada waktu yang ditentukan. Allah memberikan balasan (yang baik) atas istighfar dan taubat itu dengan balasan berdasarkan syarat yang ditetapkan”.(Adhwa’ul Bayan, 3/9)

Salam !

Dalil Bahwa Istighfar Dan Taubat Adalah Diantara Kunci-Kunci Rizki, Yaitu hadits, Rasulullah saw bersabda…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *