All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1572 Air Mata Anak yatim

KTQS # 1572

Air Mata Anak yatim

Dari Sahl bin Sa’ad ra dia berkata: Rasulullah saw bersabda,

‎أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا . وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau saw mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. (HR. Al-Bukhari no: 4998 dan 5659)

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

Hadits ini adalah janji Allah & jaminan bahwa : Penyantun anak yatim akan masuk surga bersama Rasulullah saw dan berdekatan dengan beliau.

Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

• Makna hadits ini: orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah saw, Beliau mengibaratkan kedekatan itu dengan jari tengah dan telunjuk

• Arti “menanggung anak yatim” adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam, menyekolahkan setinggi-tingginya sampai benar-benar mandiri.

• Yang dimaksud dengan anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya, jika ibunya pun meninggal maka disebut yatim piatu.

• Keutamaan dalam hadits ini belaku bagi orang yang meyantuni anak yatim dari harta orang itu sendiri atau membiayai secara bersama-sama.

• Keutamaan ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim yang sama sekali tidak punya hubungan keluarga dengannya.

• Mengurus anak yatim tidak berarti menasabkan anak tersebut padanya, karena menasabkan anak kepada selain bapaknya adalah terlarang dalam Islam, anak yatim juga bukan termasuk ahli warisnya.

Salam !

Dengar Nasyidnya di :

View this post on Instagram

. Air Mata Anak Yatim 😭🧕👳‍♂️🤲 . ‎يَا دَمْعَتِْ الْيَتِيْمَة …يَا أَحْرُفِيْ اْلأَلِيْمَة Air mata anak yatim.. kata-kata yang menyayat hati . ‎مَاتَ أَبِيْ فَقُوْلِيْ …لِلْأَنْفُسِ الرَّحِيْمَة Ayahku telah wafat maka katakanlah.. kepada jiwa-jiwa yang penyayang . ‎يَا دَمْعَتِيْ الْيَتِيْمَة Betapa air mata anak yatim . ‎مَاتَ أَبِيْ فَمَنْ لِيْ….. يُلْقِي الْحَنَانَ حَوْلِيْ Ayahku telah wafat maka siapakah.. yang akan memberi kasih sayang padaku . ‎قُوْلِيْ لَهُمْ لَعَلِّيْ …أَلْقَى يَدًا كَرِيْمَة … Katakanlah kepada mereka semoga ..aku bertemu seorang yang dermawan . ‎لِلْكَافِلِيْنَ قُصِّيْ …..حِكَايَةَ الصِّغَارِ Ceritakan kepada para penanggung anak yatim… kisah anak-anak kecil . ‎بَاتُوْا بِغَيْرِ رَاعٍ …..يَا دَمْعَةَ انْكِسَارِ ….. Mereka tidur tanpa ada yang menjaganya … betapa air mata kepedihan . ‎آبَائِيَ الْكِرَامُ …..تَحَجَّرَ الْكَلاَمُ …. wahai bapak-bapaku yang terhormat… kata-kata telah mengeras . ‎فِيْ الْحَلْقِ وَاكْتَفَيْنَا …. بِدَمْعَةٍ يَتِيْمَة …. Di tenggorokan.. dan cukuplah (yang menyadarkan) kita… air mata anak yatim . Untuk melihat video kegiatan PADA bisa Subscribe DATV @ Youtube

A post shared by DAARUL ARQOM (@panti_asuhan_daarul_arqom) on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *