All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1560 KERASUKAN JIN (2)

KTQS # 1560

KERASUKAN JIN (2)

Hal lain yang harus dihindari adalah membuang air di tempat yang umumnya dihuni jin, kamar mandi termasuk tempat favorit jin dalam rumah.

Karena itu Nabi saw bersabda,
Dari Zaid bin Arqam ra, Sesungguhnya tempat buang air itu dikerubuti (oleh setan). Karena itu, apabila kalian masuk toilet, bacalah:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

‘Aku berlindung kepada Allah dari setan lelaki dan setan wanita’ (HR. Ahmad 19807, Abu Daud 6, Ibn Majah 312 dan yang lainnya).

Lalu bagaimana jika membuang membuang air panas ditempat yang asing dan terbuka?

“Hendaknya setiap muslim hati-hati ketika membuang air panas di kamar mandi atau tempat lain, agar tidak mengenai jin..”. (Fatwa Islam no. 226625)

Jika diperlukan, baca basmalah sebelum membuang air panas, ketika kondisi kita berada di tempat asing, atau kita merasa sangat khawatir dengan satu tempat tertentu, kita bisa membaca basmalah sebelum membuang air panas.

Syaikh Abdurrahman al-Barrak pernah ditanya, Apakah ada anjuran untuk membaca basmalah ketika seeorang membuang air panas?

Jawab beliau, Saya tidak mengetahui adanya dalil yang menganjurkan membaca basmalah secara khusus untuk kasus yang disebutkan. Saya berharap apa yang dilakukan masyarakat dengan membaca basmalah ketika membuang air panas sebagaimana yang ditanyakan, saya berharap ini termasuk perbuatan baik. Karena membuang air panas, terlebih di tempat-tempat yang mungkin itu dihuni jin, dikhawatirkan akan menyebabkan balas dendam. Jika seseorang membaca basmalah, ini bisa menjadi sebab menjauhkan dari kekhawatiran akan dampak kejahatan setan. (al-Arak Majmu’ Fatawa al-Barrak).

Salam !

Sahabat membutuhkan layanan Rukyah untuk sendiri, orang lain atau merukyah rumah, kantor atau gedung? Klinik Thibun Nabawi Daarul Arqom dapat melayani kebutuhan Sahabat ON CALL kerumah.

Bekam & Rukyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *