All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1554 BATAS AKHIR WAKTU SHALAT ISYA

KTQS # 1554

BATAS AKHIR WAKTU SHALAT ISYA

Waktu shalat Isya berakhir saat tengah malam, berdasarkan sabda Rasulullah saw dalam hadits berikut :

“Dan waktu shalat Isya adalah sampai pertengahan malam”. (HR. Muslim no. 612)

“Apabila kalian telah sholat maghrib maka itu waktunya sampai hilang warna merah di ufuk barat. Lalu setelah kalian sholat Isya itulah waktunya, sampai pertengahan malam”. (HR. Muslim)

Praktek Nabi saw juga menjadi dasar bahwa batas waktu shalat isya adalah pertengahan malam. Sahabat nabi menuturkan:
“Nabi saw mengakhirkan sholat isya sampai pertengahan malam. Kemudian beliau sholat”. (HR. Bukhari, dari Anas bin Malik)

Inilah hadits shahih yang paling tegas menjelaskan tentang batasan akhir waktu shalat Isya.

Ibnu Hajar berkata :
“Mengenai memanjangnya waktu Isya sampai terbit fajar, saya belum mengetahui ada hadits yang tegas dan shahih”. (Fathul Bari 2/52)

Jadi jika panjang malam di suatu wilayah adalah sebelas jam, maka pertengahan malamnya adalah lima setengah jam setelah matahari terbenam. Jika matahari tenggelam pada pukul 18.00, maka pertengahan malamnya adalah jam 23.30.

Namun ada hadits lain tentang batasan waktu shalat Isya yaitu, “Rasulullah saw mengakhirkan shalat Isya sampai sepertiga malam. Beliau saw membenci tidur sebelum shalat Isya dan ngobrol setelahnya”. (HR. al-Bukhari no. 547 dan Muslim no. 647)

Jadi jika sepertiga malam dari sebelas jam adalah empat jam, maka jika dihitung setelah isya akan sampai pada jam 23.00.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *