All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1520 BACAAN YANG DISUNNAHKAN UNTUK ORANG MATI, BUKAN “RIP” & BUKAN PULA “ALMARHUM”

KTQS # 1520

BACAAN YANG DISUNNAHKAN UNTUK ORANG MATI, BUKAN “RIP” & BUKAN PULA “ALMARHUM” 

Diantara doa yang dibaca oleh panutan kita Rasulullah saw adalah ketika meninggalnya sahabat Abu Salamah ra, beliau membaca,

 اللَّهُمَّ اغْفِرْ لأَبِى سَلَمَةَ وَارْفَعْ دَرَجَتَهُ فِى الْمَهْدِيِّين وَاخْلُفْهُ فِى عَقِبِهِ فِى الْغَابِرِينَ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ وَافْسَحْ لَهُ فِى قَبْرِهِ وَنَوِّرْ لَهُ فِيهِ 

“Ya Allah ampunilah Abu Salamah, angkatlah derajatnya di tengah orang-orang yang mendapatkan hidayah, gantikanlah sepeninggalnya untuk orang-orang yang ia tinggalkan, ampunilah kami dan dia wahai Rabbal ‘aalamiin, luaskanlah kuburannya dan terangilah dia padanya”. (HR. Muslim dari Ummu Salamah ra)

• Boleh membaca istirja’ “Innaa liLlaahi wa innaa ilaihi rooji’un” & mendoakan si mayyit agar diampuni & dirahmati. Tidak ada dalil yang shahih membacakan Al-Fatihah, Yasin dan surat-surat lainnya, hadits-haditsnya lemah & palsu. 

• Makna “RIP” (Beristirahatlah dalam damai).  Ucapan tersebut tidak boleh karena itu kebiasaan orang kafir. Bagi jenazah orang kafir sebut saja : Mendiang.

  • Kata “Almarhum” bukanlah gelar atau sebutan bagi orang islam yang sudah meninggal, ini kebiasaan masyarakat kita yang salah kaprah.
  • Pengucapan “Almarhum” (yang dirahmati) kuranglah tepat karena kita tidak boleh memastikan sesuatu, sebab kita tidak tahu kondisi orang yang mati itu, apakah ia mendapat nikmat atau azab kubur dan termasuk penghuni surga atau neraka.
  • Namun jika makna “Almarhum” itu sebagai ungkapan optimisme atau harapan semoga si mayit mendapatkan rahmat, maka tidaklah mengapa mengucapkan kata-kata ini. (Lihat Majmu’ Fatawa, Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin, 3/85)

• Ada ucapan yang lebih baik selain “Almarhum”, yaitu “Rahimahullah” (atau Allah Yarham) yang artinya “Semoga Allah merahmatinya” dan ini adalah doa. Sehingga saat menyebut nama dan diakhiri dengan kata itu maka sekaligus kita mendoakannya.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *