All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1516 TERLAMBAT MENDATANGI SHALAT JUM’AT

KTQS # 1516

TERLAMBAT MENDATANGI SHALAT JUM’AT

Datangi shalat Jum’at dan sudah berada di masjid sebelum imam naik mimbar. Karena para Malaikat berada di pintu-pintu masjid mencatat siapa-siapa yang datang. 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Nabi sawbersabda:

“Jika tiba hari Jum’at, maka para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal. Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan shalat Jum’at adalah seperti orang yang berkurban unta, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing, yang berikutnya lagi seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Maka apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah).” (HR. Ahmad dalam Musnadnya no. 10164)

Ada hadits lainnya dari Abu Ghalib, dari Abu Umamah, Rasulullah saw bersabda: “Para Malaikat duduk pada hari Jum’at di depan pintu masjid dengan membawa buku catatan untuk mencatat (orang-orang yang masuk masjid). Jika imam keluar (dari rumahnya untuk shalat Jum’at), maka buku catatan itu dilipat.”

Kemudian Abu Ghalib bertanya, “wahai Abu Umamah, bukankah orang yang datang sesudah imam keluar mendapat Jum’at?” Ia menjawab, “Tentu, tetapi ia tidak termasuk golongan yang dicatat dalam buku catatan.”

Demikianlah kerugian bagi orang yang terlambat datang ke masjid setelah imam naik mimbar. 

Datang Lebih Awal Agar Dapat Pahala Sempurna !

Rasulullah saw bersabda:

“Barangsiapa mandi pada hari Jum’at, berangkat lebih awal (ke masjid)…mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun.” (HR. Abu Dawud no. 1077, al-Nasai no. 1364 Ahmad no. 15585)

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *