All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1512 SETAN LARI TERBIRIT-BIRIT SAMPAI TERKENTUT-KENTUT MENDENGAR SUARA ADZAN

KTQS # 1512

SETAN LARI TERBIRIT-BIRIT SAMPAI TERKENTUT-KENTUT MENDENGAR SUARA ADZAN

Adzan merupakan panggilan Allah untuk para hamba melaksanakan Ibadah salat lima waktu. Ini adalah panggilan umum yang  akan Allah perdengarkan kepada siapa yang Dia kehendaki dari makhluk-Nya, termasuk dari golongan setan.

Rasulullah saw bersabda:
“Apabila panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil kentut hingga dia tidak mendengarkan adzan lagi”. (HR. Al Bukhari dan Muslim)

“Apabila panggilan shalat dikumandangkan, maka setan akan lari terbirit-birit sambil terkentut-kentut hingga ia tak lagi mendengar (suara) adzan tersebut…”. (HR. Darimi No.1178)

Mengapa setan lari terbirit-birit sampai terkentut-kentut saat mendengar adzan? Seperti dalam hadits tersebut, setan takut dengan panggilan shalat itu. Begitu besar takutnya hingga mereka lari sambil terkentut-kentut.

Syaikh Majdi Abdul Wahab Al Ahmad dalam Syarah Hisnul Muslim, setan lari mendengar suara adzan karena adzan berisi kalimat tauhid dan syiar-syiar Islam. Setan juga putus asa dalam menggoda seseorang ketika terdengar pernyataan tauhid.

Alasan lain setan berlari adalah mereka tidak mau menjadi saksi atas muadzin yang mengumandangkan adzan. Nabi dalam sabdanya mengatakan bahwa semua benda baik kering maupun basah nantinya akan menjadi saksi bagi muadzin yang mendapat keutamaan pada hari kiamat.

“Tidaklah adzan didengar oleh jin dan  manusia, batu dan pohon, kecuali mereka akan bersaksi untuknya.” (HR Abu Ya’la)

Setelah adzan selesai maka setan kembali mengganggu manusia untuk tidak bertauhid.

Lalu kalau manusia tidak suka mendengar adzan dan lebih suka mendengar syair, lalu siapa yang menjadi setan dan siapa yang menjadi manusia?

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *