All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1490 TERTAWA & MENANGIS (4)

KTQS # 1490

TERTAWA & MENANGIS (4)

MENANGIS BERBUAH KEBAIKAN

Takut karena Allah swt

“Tidaklah masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah.” (HR. Tirmidzi)

Menangis ketika sedang sholat

Dari Muthorrif dari ayahnya, dia berkata : “Aku. melihat Rasulullah saw sedang sholat, dan di dada­nya ada suara seperti suara air yang mendidih karena menangis.” (Ibnu Majah, Shahih at-Targhib 3/162)

Menangis tatkala membaca al-Qur’an

“Apabila dibacakan ayat-ayat Alloh Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam [19]:58)

Ibnu ‘Ajlan ra berkata : “Setiap tetesan air mata yang mengalir karena membaca al-Qur’an maka dia dirohmati oleh Allah swt.” (ar-Riqqotu wal-Buka’ 1/83)

Menangis pada saat berdzikir dan berdo’a ke­pada Allah swt

Rasulullah saw, bersabda : “Ada tujuh orang yang akan mendapat naungan pada hari kiamat, tidak ada naungan kecuali naungan-Nya …

“…Dan orang yang berdzikir kepada Allah dengan bersepi lalu menetes air kedua matanya… “ (HR. Bu­khari 1/168)

Menangis ketika mendengar khutbah atau ceramah

Abu Said al-Khudri ra, berkata : “pada suatu hari Rasulullah saw, berada di atas mimbar lalu bersabda : ‘Ada seorang hamba yang diberi pilihan Allah swt antara diberi kemewahan dunia atau di­beri sesuatu yang ada di sisi-Nya. Ternyata hamba itu memilih sesuatu yang ada di sisi-Nya.’ Setelah itu Abu Bakr  ra, tampak menangis.” (HR. Mus­lim 4390)

Menangis karena mengingat dosa

Tholhah Ibnu Mushorif ra berkata : “Ada orang yang berbuat dosa, maka setiap dosa yang dia ingat dia menangis.” (ar-Riqqotu wal-Buka’ 1/183)

Menangis ketika mendengar adzan

“Al-Qodhi Fudhail bin ‘Iyadh ra menangis di masjid ketika mendengar adzan hingga pasir di hadapannya basah olehnya.” (ar-Riqqotu wal-Buka’ 1/153)

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *