All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1470 BULAN SHAFAR (2)

KTQS # 1470

BULAN SHAFAR (2)

Secara etimologi, Shafar adalah Bahasa Arab yang memiliki sejumlah arti di antaranya kosong, kuning, dan nama penyakit.

Bulan ini dinamakan bulan Safar dalam arti kosong sebab menjadi kebiasaan dari orang Arab pada jaman dulu yang meninggalkan rumah mereka sehingga menjadi kosong

Ada juga yang mengatakan jika Safar diambil dari nama penyakit seperti yang juga diyakini orang Arab jahiliyah di masa lampau yakni penyakit safar yang ada di perut

Pendapat yang menyatakan jika bulan Safar adalah bulan sial dan tidak baik untuk mengadakan sebuah acara penting merupakan khufarat atau tahayul dan mitos.

Khurafat adalah bentuk penyimpangan dalam akidah Islam. Beberapa keyakinan dalam hal ini meliputi beberapa larangan seperti melakukan pernikahan, khitan dan berbagai perbuatan lain yang apabila dilakukan akan menimbulkan musibah atau kesialan.

Rasulullah saw telah bersabda, “Tidak ada penularan penyakit (dengan sendirinya), tidak ada thiyarah, tidak ada kesialan karena burung hantu, tidak ada kesialan pada bulan Shafar”. (HR. Al-Bukhari 5437, Muslim 2220, Abu Dawud 3911, Ahmad (II/327))

Pada hari Rebo wekasan, Rebo artinya hari rabu, wekasan artinya yang terakhir. Yakni acara ritual khusus yang dilakukan oleh sebagian masyarakat pada hari rabu terakhir di bulan shafar, karena meyakini adanya musibah atau malapetaka yang sangat besar.

Agar tidak terkena musibah tsb mereka melakukan ritual shalat Dhuha empat rakaat dengan satu kali salam. Dibaca pada setiap rakaat, fatihatul kitab (surat Al-Fatihah), surat Al-Kautsar tujuh belas kali, surat Al-Ikhlas lima puluh kali, muawidzatain sekali sekali, malakukan hal itu pada setiap rakaat dan salam, juga menulis ayat as-salam lalu disimpan digelas dan diminum, dan banyak yg lainnya.

Sungguh amalan-amalan tsb tidak ada dalam syariat islam, termasuk amalan Takhyul, Bid’ah & Churafat (TBC).

Salam !

Baca juga :

KTQS # 1322 BULAN SHAFAR (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *