KTQS # 1460 KTQS SAYA MAU BERTANYA : 4 GOLONGAN LELAKI

KTQS # 1460

KTQS SAYA MAU BERTANYA…

TANYA :
Assalamu’alaikum Ustadz saya mau bertanya…

Bagaimana hukumnya dalam agama tentang 4 golongan laki-laki yang ditarik dan diajak wanita ke dalam neraka, yaitu ayahnya, suaminya, saudara laki-laki dan anak laki-lakinya. Banyak sekali BC yg beredar tentang itu. Lalu hal itu dalilnya apa? Apa ada di dalam hadist atau al-Qur’an?

JAWAB :
Di BC tsb dicantumkan atau tidak dalilnya? kalau tidak ada maka itu hanya sebatas gosip saja atau omongan kosong belaka walaupun tampak seperti benar.

TIDAK ADA Dalil Syar’i dari Al-Qur’an Al-Karim maupun HADITS SHAHIH yg menunjukkan tentang adanya 4 Golongan Laki-laki (yaitu ayah, suami, saudara laki-laki dan anak laki-laki) yang ditarik ke dalam api Neraka oleh seorang wanita karena mereka lelaki tsb tidak memberikan hak kepada wanita dan tidak menjaga amanah.

Memang banyak kajian yg disebarkan tentang hal ini dan juga dalam bentuk gambar. Tapi tidak ada satupun dalil yang menguatkan hal tersebut, tidak terdapat didalam kitab manapun, bahkan hadits palsu pun saya tidak menemukannya.

Kita tidak bisa mengarang-ngarang sebuah hukum jika tidak ada landasan yg menguatkannya. Disinilah letak kehancuran sebuah agama dan rusaknya ummat, yaitu pada saat kebenaran diserahkan kepada akal manusia bukan kepada kalam Allah swt dan sunnah Nabi saw.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *