All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1451 4 (EMPAT) BULAN YANG DIMULIAKAN ALLAH SWT – Asharul Hurum

KTQS # 1451

4 (EMPAT) BULAN YANG DIMULIAKAN ALLAH SWT – Asharul Hurum

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah diwaktu dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram . Itulah (ketetapan) agama yg lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yg empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yg bertakwa”. (QS. at-Taubah 36)

Empat bulan itu adalah, “Ketahuilah bahwa zaman dan waktu itu berputar sejak Allah Swt menciptakan Langit dan bumi 1 tahun 12 bulan dan diantaranya ada empat bulan yang dimuliakan yang dihormati (4 bulan Haram), 3 bulan beruntun Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram, dan yg keempat terpisah yg letaknya sebelum bulan Sya’ban yaitu bulan Rajab”. (HR. Bukhori dan Ahmad)

Ada 3 hal yg diingatkan Allah swt terkait dgn Ashurul Hurum ini.

1. JANGANLAH MENDZOLIMI KEPADA DIRI SENDIRI ATAU ORANG LAIN.

“(Janganlah kalian menganiaya diri kalian) dalam seluruh bulan. Kemudian Allah mengkhususkan empat bulan sebagai bulan-bulan haram dan Allah pun mengagungkan kemuliaannya. Allah jg menjadikan perbuatan dosa yg dilakukan didalamnya lebih besar. Demikian pula, Allah pun menjadikan amalan shalih dan ganjaran yg didapatkan didalamnya lebih besar pula” (Tafsir Ibnu Katsir: 3/26)

2. JANGAN BERPERANG
“Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan haram. Katakanlah: “Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar”. (QS. Al-Baqarah: 217).

Ayat diatas menunjukkan agar mereka bisa melakukan perjalanan safar (dengan aman) di bulan-bulan tersebut, dan agar mereka bisa melaksanakan haji dan umrah.

3. PENINGKATAN KETAQWAAN

Disunnahkan untuk memperbanyak sedekah, berpuasa, berdzikir, membaca Al-Qur’an. Karena ganjarannya sangat besar dibandingkan pada bulan-bulan yg lain. Terutama pada “Al Ashrul Awwal Min Dzilhijjah” (10 hari pertama dari bulan Dzulhijjah).

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *