All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1449 DOA KAFARATUL MAJLIS

KTQS # 1449

DOA KAFARATUL MAJLIS

Abu Hurairah r.a berkata.Rasulullah saw bersabda :
“Barangsiapa yang berada pada suatu majlis, kemudian pada majlis tersebut tedapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majlis, mengatakan hal yang ini (Kaffaratul Majlis) , ‘Mahasuci Engkau ya Allah dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau,,aku memohon ampun pada-Mu.’ Kecuali telah diampuni baginya apa yang ada pada majlis tersebut”. (HR Tirmidzi)

Doa ini disebut doa Kafaratul Majlis karena keutamaannya adalah sebagai penebus dosa dalam majelis, dibacakan di akhir majlis/pertemuan, sebagaimana sabda Rasulullah saw :

Dari Abu Barzah Al-Aslami ra ia berkata : “Jika Rasulullah saw hendak bangun dari suatu majlis beliau membaca : Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa ‘atuubu ilaik. Seorang sahabat berkata : “Ya Rasulullah Engkau telah membaca bacaan yang dahulu tidak biasa engakau baca?” Beliau menjawab:”Itu sebagai penebus dosa yang terjadi dalam sebuah majelis “”. (HR Abu Daud)

Berikut ini doa kafaratul majlis :

‎سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

“Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allailahailla anta astaghfiruka wa’atubu ilaik”

Artinya : “Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu”. (HR. Tirmidzi)

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *