All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1436 MENGUSIR JIN YANG MENGGANGGU DI RUMAH (2)

KTQS # 1436

MENGUSIR JIN YANG MENGGANGGU DI RUMAH (2)

3. Jangan pedulikan segala bentuk gangguan.

Sikap cuek, tidak peduli, ternyata menjadi cara ampuh untuk mengusir setan. Setan sebagaimana manusia, ketika dia mengganggu, kemudian tidak digubris, bisa jadi dia akan bosan untuk mengganggu.

Berbeda ketika merasa ada yang mengganggu, kemudian cari-cari di mana tempatnya, atau bahkan diajak bicara, atau menyiram dengan garam dan semacamnya, dia akan semakin menjadi-jadi dalam menggoda.

Dari Abul Malih dari seseorang, dia berkata, “Aku pernah diboncengi Nabi saw, lalu tunggangan yang kami naiki tergelincir. Aku pun mengatakan, “Celakalah setan”. Namun Nabi saw melarang.

Janganlah kamu ucapkan ‘celakalah setan’, karena jika kamu mengucapkan demikian, setan akan semakin besar seperti rumah. Lalu setan pun dengan sombongnya mengatakan, ‘Itu semua terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah “Bismillah”. Jika engkau mengatakan seperti ini, setan akan semakin kecil sampai-sampai dia akan seperti lalat.” (HR. Ahmad 5:95 dan Abu Daud 4982)

Ketika mendengar atau melihat ada sesuatu yang mengganggu, jangan diajak bicara, tapi mintalah perlindungan kepada Allah dan berdoa kepadaNya.

4. Baca doa ketika masuk rumah

Hal kecil yang mungkin perlu dibiasakan adalah memulai segala yang penting dengan doa atau dzikir. Salah satunya, ketika kita masuk rumah. Membaca Bismillah dan mengucapkan salam.

Dari Jabir bin Abdillah ra, Nabi saw bersabda:

“Apabila ada orang yang masuk rumah, kemudian dia mengingat Allah ketika masuk, dan ketika makan, maka setan akan mengatakan (kepada temannya): ‘Tidak ada tempat menginap dan tidak ada makan malam.’ Tapi apabila dia tidak mengingat Allah (bismillah dan jangan lupa ucapkan salam) ketika masuk, maka setan mengatakan: ‘Kalian mendapatkan tempat menginap’.” (HR. Muslim 2018, Abu Daud 3765 dan yang lainnya)

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *