All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1435 MENGUSIR JIN YANG MENGGANGGU DI RUMAH (1)

KTQS # 1435

MENGUSIR JIN YANG MENGGANGGU DI RUMAH (1)

> MENGUSIR JIN

Cara yang paling efektif dalam hal ini adalah membacakan surat Al-Baqarah, satu surat penuh. Ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi saw bersabda:

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Turmudzi 2877)

Sahabat Ibnu Mas’ud mengatakan:

“Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu.” (HR. Ad-Darimi 3422, At-thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir 8642).

Siapa yang Membaca?

Siapa saja, tidak harus tuan rumah. Artinya siapapun yang membaca, selama dilakukan di dalam rumah, telah memenuhi syarat untuk mengusir setan didalam rumah tsb.

> TINDAKAN PENCEGAHAN

Ada beberapa rutinitas yang selayaknya dilakukan, agar rumah kita selalu dijauhi setan yang suka mengganggu:

1. Rajin baca Alquran

Telah disebutkan dalam hadits diatas

2. Ibadah apapun di dalam rumah.

Dalam hadis dari Ibnu Umar ra, Nabi saw bersabda:

“Jadikanlah bagian shalat kalian di rumah kalian. Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan.” (HR. Bukhari 432, Muslim 777, dan yang lainnya).

Maksud shalat di sini adalah shalat sunah yang dikerjakan sendiri dan tidak berjamaah. Sebagaimana dinyatakan dalam hadis:

“Susungguhnya shalat seseorang yang paling utama adalah shalat yang dikerjakan di rumahnya, kecuali shalat wajib.” (HR. Bukhari 7290 dan yang lainnya).

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *