All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1424 ORANG YANG PALING BERBAHAGIA

KTQS # 1424

ORANG YANG PALING BERBAHAGIA

“Orang yang paling berbahagia adalah yang nafasnya berhenti namun pahalanya tak berhenti”

1. Memuliakan anak yatim

Rasulullah saw bersabda : “Aku dan penyantun (mengurus) anak yatim berada disurga berdekatan bersamaku”. (HR. Bukhari)

Sungguh tak mudah mengurus anak yatim/yatim piatu, maka dari itu balasannya luarbiasa, tidak ada ibadah lain yg balasannya melebihi ini ; Masuk surga bersama Rasulullah saw dan berdekatan dengan beliau. Masya Allah!

2. Sedekah jariyah

Rasulullah bersabda : “Seorang manusia mati maka terputuslah amalnya kecuali tiga, Sedekah jariyah, ilmu yang diamalkan, doa anak yang shaleh”. (HR. Muslim)

Penjelasannya :
– Sedekah jariyah, menyantuni yatim, membangun masjid, mencetak buku serta berbagai macam wakaf yg dimanfaatkan ummat.

– Ilmu yang bermanfaat, yaitu ilmu syar’i (ilmu agama) yg ia ajarkan pada orang lain dan mereka terus amalkan, atau ia menulis buku agama dan terus dimanfaatkan ummat setelah ia meninggal dunia.

– Anak yang sholeh karena hasil dari kerja keras orang tuanya yg memperhatikan anak-anak nya dalam hal agama, sehingga tumbuh menjadi anak sholeh, setiap amal yg dilakukan anaknya maka pahalanya mengalir kepada orangtuanya walau sudah meninggal dunia.

3. Mengajarkan agama/sunnah

Rasulullah saw bersabda : “Ada tujuh amalan yg pahalanya tetap mengalir untuk seorang hamba setelah dia meninggal, padahal dia berada di dalam kuburnya: (1) orang yg mengajarkan ilmu agama, (2) orang yg mengalirkan sungai (3) orang yg membuat sumur, (4) orang yg menanam kurma, (5) orang yg membangun masjid, (6) orang yg memberi mushaf al-Quran, dan (7) orang yg meninggalkan seorang anak yg senantiasa memohonkan ampun untuknya setelah dia wafat (mendidik anak)”. (Dari Anas bin Malik, HR. al-Bazzar 7289, al-Baihaqi 3449)

“Orang yang cerdas adalah orang yang menyiapkan kehidupan setelah kematian”

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *