All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1406 SEDEKAH UNTUK ALLAH

KTQS # 1406

SEDEKAH UNTUK ALLAH

Sedekah karena mengharap ALLAH semata maka sedekah akan meningkatkan derajat seorang hamba, selagi semuanya dilakukan ikhlas karena ALLAH, tidak berharap pujian, popularitas, perhiasan dunia, dan juga tidak berharap agar memperoleh do’a dari org yg kesusahan.

“Dan diantara manusia ada orang yg mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan ALLAH, dan ALLAH Maha Penyantun kepada hamba-hamba-NYA”. (Al-Baqarah:207)

“Dan mereka memberikan makanan yg disukainya kepada orang miskin, ANAK YATIM, dan orang yg ditawan. Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan ALLAH, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.” (Al-Insan: 8-9)

Barangsiapa meminta doa ataupun pujian dari orang-orang fakir, maka ia telah keluar dari ayat ini. Syaikhul Islam berkata, “Barangsiapa meminta ganti, pujian, doa atau yg lainnya dari para hamba, berarti perbuatan baik mereka kepada para hamba tersebut tidak dikerjakan semata-mata karena ALLAH.” (Al-Fatawa I/55)

Jika Ummul Mukminin Aisyah mengirimkan hadiah kepada suatu kaum, ia berpesan kepada utusannya, “Dengarkanlah doa apa yg dipanjatkan oleh mereka, hingga kita juga bisa berdoa utk mereka seperti doa mereka dan pahala kita tetap disisi ALLAH”.

Maka hendaknya bersedekah semata-mata demi mengharap kepada ALLAH. Adapun nikmat yg diperoleh dari sedekah tersebut, adalah buah dari mengharap kepada ALLAH semata.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *