All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1402 MELURUSKAN ISTILAH IMSAK

KTQS # 1402

MELURUSKAN ISTILAH IMSAK

Imsak adalah nama lain dari puasa, nama lainnya lagi adalah ash-shomo (shaum), ash-shiyamu (shiyam)

Kata shaum tercatat satu kali dalam surat Maryam ayat 26, kata shiyam tercatat sembilan kali dalam al-Qur’an.

Jadi kata shaum atau shiyam adalah filughati al imsaku, yaitu kata lain dari imsak artinya menahan, menahan dari makan dan minum serta lainnya atau disebut puasa.

Jika imsak dibuat sepuluh menit sebelum adzan shubuh itu artinya telah membuat syariat baru, yaitu memajukan dimulainya puasa, karena imsak yg sangat populer dimasyarakat ini maknanya adalah sudah tidak dibolehkannya makan dan minum lagi.

Kalau ingin memberitahu saat puasa sebentar lagi tiba, lebih tepat disebut dengan istilah tanbiihun artinya peringatan bukan imsak, karena imsak artinya sudah mulai puasa, shaum atau shiyam.

Padahal puasa dimulai adalah saat adzan shubuh selesai dikumandangkan, bukan sepuluh menit sebelum adzan shubuh !

“Jika salah seorang di antara kalian mendengar azan sedangkan sendok terakhir masih ada di tangannya, maka janganlah dia meletakkan sendok tersebut hingga dia menunaikan hajatnya hingga selesai”. (HR. Abu Daud no. 2350)

Demikian penjelasan singkat meluruskan istilah imsak. Sebuah penempatan istilah yang luarbiasa salah dan meluas atau salah kaprah.

Semoga Allah senantiasa menambahkan pada kita ilmu yang bermanfaat. Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat.

Salam !

——

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *