All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1392 QUNUT WITIR

QUNUT WITIR

 

KTQS # 1392

QUNUT WITIR

Qunut witir adalah berdoa dilakukan saat shalat sunnah witir berjamaah atau sendiri, tidak wajib, boleh dilakukan boleh juga tidak.

KAPAN QUNUT DILAKUKAN DALAM SHALAT?
Qunut dilakukan pada rakaat terakhir setelah membaca surat dan sebelum atau sesudah ruku’.

BACAAN DOA QUNUT
Bacaan doa qunut tidak ada pembatasan dengan bacaan tertentu. Di antara doa yang terbaik dalam qunut Witir, ialah doa yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wa salam kepada al-Hasan bin ‘Ali radialahu anhu :

‎ اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ إِنَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، وَلاَ مَنْجَأَ مِنْكَ إِلاَّ إِلَيْكَ

“Ya Allah, tunjukilah aku sebagaimana Engkau memberikan petunjuk (kepada selainku), berilah keselamatan sebagaimana Engkau memberikan keselamatan (kepada selainku), jadikanlah aku wali-Mu sebagaimana Engkau jadikan (selainku) sebagai wali, berilah keberkahan kepadaku pada semua pemberian-Mu, lindungilah aku dari kejelekan takdir-Mu, sesungguhnya Engkau mentakdirkan dan tidak ditakdirkan, dan sesungguhnya tidak terhinakan orang yang menjadikan Engkau sebagai wali, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau, wahai Rabb kami, dan tidak ada tempat keselamatan kecuali kepada-Mu”. (HR Abu Dawud)

CARA MENGANGKAT TANGAN DALAM DOA QUNUT
“Para ulama menyatakan, mengangkat kedua telapak tangan ke dada dan tidak mengangkatnya terlalu tinggi, karena doa ini bukan doa ibtihal yang seorang melebihkan dalam mengangkat tanganya, namun doa ini adalah doa permintaan. Kedua telapak tangan dan bagian dalamnya dibuka ke arah langit, kedua telapak tangan didekatkan/dikumpulkan seperti keadaan orang yang membutuhkan, meminta dari orang lain agar memberinya sesuatu”. (Syarhu al-Mumti’, 4/25)

Salam !
KTQS menebarkan cahaya sunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *