All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1389 Nisfu Sya’ban

Nisfu Sya’ban

KTQS # 1389

Nisfu Sya’ban

Nisfu artinya pertengahan, maka malam Nisfu Sya’ban artinya malam pertengahan bulan Sya’ban.

Kalau dirujuk kepada kalender Hijriyah 1438 H dan penanggalan masehi jatuh pada hari kamis tanggal 11 Mei 2017.

Benarkah ada tuntunan dari Rasulullah di malam ini?

Amalan Nisfu Sya’ban : Bermaaf-maafan, shaum sya’ban, shalat kheir, shalat alfiyah, shalat 100 rakaat, shalat 2 rakaat sebelum maghrib, doa-doa khusus, membaca yaasin 3x, dzikir tertentu ribuan kali, membaca istighfar 1000x, berkumpul lalu berdo’a berjamaah, doa barokah menggunakan air, mempercayai malam itu adalah malam penutupan buku amal dan diganti dgn buku amal yg baru dan malam itu Allah Swt turun kebumi, semua dosa diampuni, semua kebaikan dilipatgandakan, dll.

Semua itu tidak ada dalam tuntunan Nabi saw. Semua hadits Nisfu Sya’ban tidak ada satupun yg shahih, semua berasal dari hadits dhaif dan bahkan hadits palsu tidak ada dalam kitab manapun.

Rasulullah saw Bersabda, “Barang siapa yang beramal bukan diatas petunjuk kami (Rasulullah), maka amalan tersebut tertolak”. (Muttafaqun ‘alaihi)

Allah swt berfirman : “Tahukah kalian orang-orang YANG PALING merugi amal perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah SIA-SIA amal perbuatannya di kehidupan dunia ini, sedangkan mereka MENYANGKA bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (Q.S AlKahfi 103-104)

Beribadah tidak bisa hanya “Baik” saja, tapi harus “Benar” sesuai petunjuk Allah & Rasul-Nya dari hadist shahih.

Salam !
KTQS menebarkan cahaya sunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *