All for Joomla All for Webmasters

KTQS # 1388 MEMINTA MAAF ITU BAIK

MEMINTA MAAF ITU BAIK

KTQS # 1388

MEMINTA MAAF ITU BAIK, TAPI…..

Islam mengajarkan untuk meminta maaf langsung, jika berbuat kesalahan kepada orang lain.

“Orang yang pernah menzhalimi saudaranya dalam hal apapun, maka hari ini ia wajib meminta perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya…”. (HR. Bukhari no.2449)

Maksud dari “hari ini” adalah segera meminta maaf setelah melakukan kedzaliman. Dan kita wajib memaafkan, Allah swt berfirman : “Berilah orang-orang itu maaf yang baik”. (al-Hijr: 85)

Adapun meminta maaf tanpa sebab dan dilakukan kepada semua orang yg ditemui apalagi tidak kenal, tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah, keluarganya, para sahabat padahal mereka adalah orang-orang yg paling takut akan dosa.

Sedangkan kesalahan yg tidak sengaja atau tidak disadari tidak dihitung sebagai dosa di sisi Allah Swt.

Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Sesungguhnya Allah telah MEMAAFKAN UMMATKU yang BERBUAT SALAH karena TIDAK SENGAJA (tidak disadari), atau karena lupa, atau karena dipaksa”. (HR Ibnu Majah 1675, Al Baihaqi 7/356, Ibnu Hazm dalam Al Muhalla 4/4)

Subhanallah, begitu luarbiasanya kasih sayang Allah kepada kita.

Kesimpulan, perbuatan meminta maaf kepada semua orang yg ditemui atau tidak kenal bahkan tidak pernah berinteraksi tanpa ada sebab kesalahan bisa terjerumus pada Ghuluw (berlebihan) dalam beragama.

Islam adalah agama yg pas takarannya, adil dan pertengahan diantara dua golongan yg berlebih-lebihan (ifroth) dan golongan yg meremehkan (tafrith) amalan-amalan didalam agama.

Salam
KTQS menebarkan cahaya sunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *