KTQS # 1387 SALING BERMAAFAN SEBELUM RAMADHAN?

SALING BERMAAFAN SEBELUM RAMADHAN?

KTQS # 1387
SALING BERMAAFAN SEBELUM RAMADHAN?
Amalan bermaafan sebelum puasa Ramadhan dan akibatnya jika tidak bermaafan maka shaum Ramadhannya tidak diterima. Dalil dipakai adalah hadits palsu dgn merubah isi dari hadits shahih.
Ini kajiannya :
HADITS PALSU
“Ketika Rasullullah sedang berkhutbah pada Shalat Jum’at (dalam bulan Sya’ban), beliau mengatakan Amin sampai tiga kali…Ketika selesai shalat Jum’at, para sahabat bertanya kepada Rasullullah, kemudian beliau menjelaskan: “ketika aku sedang berkhutbah, datanglah Malaikat Jibril dan berbisik, hai Rasullullah Amin-kan do’a ku ini,” jawab Rasullullah. Do’a Malaikat Jibril itu adalah: “Ya Allah tolong abaikan puasa ummat Muhammad, apabila sebelum memasuki bulan Ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yg berikut: 1) Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada). 2) Tidak bermaafan terlebih dahulu antara suami istri. 3) Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya”.
*HADITS SHAHIH*
“Dari Abu Hurairah: Rasulullah Saw naik mimbar lalu bersabda: ‘Amin, Amin, Amin’. Para sahabat bertanya : “Kenapa engkau berkata demikian, wahai Rasulullah?” Kemudian beliau bersabda, “Baru saja Jibril berkata kepadaku: ‘Allah melaknat seorang hamba yg melewati Ramadhan tanpa mendapatkan ampunan’, maka kukatakan, ‘Amin’, kemudian Jibril berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yg mengetahui kedua orang tuanya masih hidup, namun tidak membuatnya masuk Jannah ( karena tidak berbakti kepada mereka berdua)’, maka aku berkata: ‘Amin’. Kemudian Jibril berkata lagi. ‘Allah melaknat seorang hamba yg tidak bershalawat ketika disebut namamu’, maka. kukatakan, ‘Amin’.” (Shahih Ibnu Khuzaimah 3/192 dan kitab Musnad Imam Ahmad 2/246, 254, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Al Qaulul Badi‘ 212)
Jelas kedua dalil tsb sangat berbeda isi dan statusnya. Dan tidak ada syariat saling bermaafan sebelum Ramadhan karena tidak ada dalil yg memerintahkannya.
Salam !

KTQS menebarkan cahaya sunnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *